Minggu, 01 April 2012

Manfaat Menakjubkan dari Berjalan Kaki - Mencegah 9 Penyakit



Bagi ClubOn yang sering jalan kaki, berbanggalah ! karena dengan aktivitas menyehatkan tersebut Anda telah mencegah berbagai penyakit membahayakan.

Berikut adalah manfaat jalan kaki yang ternyata mencegah berbagai penyakit :
Serangan Jantung

Aliran darah lebih deras dibutuhkan otot jantung agar bugar dan berfungsi normal dengan memompakan darah tanpa henti. Dengan berjalan kaki terutama tergopoh-gopoh, koroner jantung mendapat aliran darah lebih deras. Hal itu bermanfaat menjaga jantung tetap cukup berdegup dan oksigen otot jantung terpenuhi.

Selain itu, ketika Anda berjalan kaki, mengejangnya otot-otot tubuh yang berada di sekitar dinding pembuluh darah akan membantu kelenturan pembuluh darah arteri dalam menguncup dan mengembang. Dengan demikian mampu mengurangi gumpalan bekuan darah yang menyumbat dan Anda terhindar dari tekanan darah tinggi.

Untuk Anda penderita kolesterol tinggi, jalan kaki bisa menjadi solusinya. Kadar kolesterol baik (HDL) dapat ditingkatkan dengan berjalan kaki tergopoh-gopoh. Dengan semua itu Anda menurunkan separuh dari risiko serangan jantung.
Stroke

Sebuah studi meneliti bahwa berjalan kaki setiap hari dapat mencegah stroke. Kasus stroke zaman dulu tidak sebanyak zaman sekarang, nenek-moyang kita lebih banyak melakukan kegiatan berjalan kaki. Studi lainnya mencatat duapertiga dari 70 ribu perawat (Harvard School of Public Health) menurun risikonya terhadap stroke. Selama bekerja mereka melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu.
Berat Badan Stabil

Tidak perlu susah-susah membakar kalori, rutinlah berjalan kaki. Dengan berjalan kaki metabolisme tubuh akan meningkat hingga sejumlah kalori dapat terbuang. Dengan begitu tidak terjadi kenaikan berat badan.
Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang mengalami kelebihan berat badan dan diet Anda tidak berhasil, rajinlah berjalan kaki setiap pagi. Gajih yang berlebih di bawah kulit akaan dibakar dengan aktifitas tubuh berjalan kaki. Lakukan dengan rutin agar hasil lebih maksimal.
Mencegah Kencing Manis

Tubuh gemuk lebih rentan terkena diabetes Tipe 2, tundalah itu dengan membiasakan berjalan kaki. Luangkan waktu Anda setidaknya seminggu sekali untuk menempuh jarak yang agak jauh dan dengan tergopoh-gopoh.

Lakukan itu secara berkala untuk Anda yang sudah terkena diabetes. Berjalan kaki memudahkan Anda mengobati penyakit itu tanpa perlu minum obat. Obat tidak diperlukan selama gula darah bisa terkontrol hanya dengan cara bergerak badan. Sehingga bisa dikatakan obat antidiabetes yang alami adalah dengan berjalan kaki.
Mencegah Osteoporosis

Tidak hanya memperkokoh otot-otot badan, jalan kaki dengan cepat juga bermanfaat bagi tulang kita. Selain paparan cahaya matahari pagi, berjalan kaki juga dibutuhkan untuk metabolisme kalsium.

Mencegah osteoporosis tidak cukup hanya dengan ekstra kalsium dan vitamin D. Luangkanlah setidaknya 15 menit untuk menggerakkan tubuh dibawah paparan sinar matahari saat pagi hari. Hingga usia 70 tahun pun Anda bisa terbebas dari ancaman pengeroposan tulang. Lakukan kebiasaan berjalan kaki sedari dini.
Meredakan Encok Lutut

Mereka yang berusia lanjut di Amerika sepertiganya mengalami encok lutut (osteoarthiris). Berjalan kaki di dalam kolam renang dapat menyembuhkan nyeri encok lutut. Lakukanlah kegiatan berjalan kaki selang-seling bagi penderita encok lutut agar ada kesempatan untuk memulihkan diri bagi sendi.
Depresi

Obat antidepresan yang harus diminum rutin bagi penderita depresi bisa digantikan dengan berjalan kaki yang cepat. Lebih dari 10 tahun sebuah studi membuktikan hal tersebut. Walaupun Anda tidak mengalami depresi, jalan kaki tentu lebih baik dalam pencegahannya.
Kanker

Penyakit kanker seperti kanker usus besar dapat dibatalkan kemunculannya bila Anda rajin berjalan kaki. Peristaltik usus menjadi lancar dengan gerak tubuh. Tak hanya kanker usus, kanker payudara pun dibuktikan sebuah studi dapat dicegah dengan berjalan kaki.
Jadi, apa alasan Anda untuk malas jalan kaki? Cegahlah segala penyakit yang tentu tidak kita inginkan dengan cara mudah dan gratis tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda telah memberi komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More