Minggu, 05 Februari 2012

Hidup sehat pada saat ini merupakan hal yang kenyataannya sulit. Banyak orang yang salah dengan pola hidup mereka. Terutama hidup di Era Serba canggih dan instan. Demi pekerjaan, malas, atau memang sudah sulit untuk hidup sehat. Hal ini berpengaruh terhadap tingkat kesehatan masyarakat saat ini. Apalagi jika penyakit yang menyerang berpengaruh terhadap keturunannya. Banyak sekali penyakit yang dapat menular kepada keturunan atau orang didekatnya.Berikut Ini tips untuk menjalani pola sehat setiap hari :
  1. Menjaga Kebersihan
 
Hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah tingkat kebersihan diri sendiri, dirumah, dan lingkungan sekitar anda. Dari hal ini kita dapat berperan penuh terhadap lingkungan kita. Karena jika lingkungan kita kotor dapat menimbulkan berbagai penyakit.  Karena tubuh sangat berperan untuk melakukan aktivitas setiap hari. Manusia perlu mandi untuk menghilangkan bau, debu dan sel-sel kulit yang sudah mati. Mandi bermanfaat untuk memelihara kesehatan, menjaga kebersihan, serta mempertahankan penampilan agar tetap rapi. Setelah mandi, manusia biasanya merasa segar, bersih, dan santai.
Orang Indonesia mempunyai kebiasaan mandi dua kali sehari dengan air dan sabun. Mandi pagi dilakukan di pagi hari sebelum melakukan berbagai kegiatan, sedangkan mandi sore dilakukan di sore atau malam hari. Di kamar mandi yang tidak mempunyai keran air panas, air yang dipakai untuk mandi adalah air dingin.
2. Olah Raga

Olah raga selain merupakan hal yang mengasyikkan, olah raga juga membantu meningkatkan tingkat kesehatan anda. Karena olah raga membantu memperlancar peredaran pada tubuh anda dan mempercepat penyebaran impuls urat saraf ke bagian tubuh atau sebaliknya, sehingga tubuh senantiasa bugar. Jadi tidak ada salahnya jika kita berolah raga dengan teratur.
Pilihlah olah raga yang anda sukai, agar anda tidak terasa terbebani dengan olah raga teratur. Untuk para penderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, infeksi paru-paru, dan kencing manis, hendaknya berkonsultasi ke dokter dulu untuk mengetahui jenis olahraga apa yang cocok.
Lakukan secara berkelanjutan dan rutin, minimal untuk kesehatan setiap hari terutama jika anda memiliki tujuan tertentu seperti mengecilkan tubuh sehingga bisa terasa balance. Jika terasa malas untuk berolahraga sendiri, banyak fitness center ataupun club-club kebugaran yang memiliki trainer yang berkompeten, sehingga tidak hanya dilakukan di outdoor tapi juga ada di indoor room.
3. Makan Sehat

Setiap makluk hidup membutuhkan makanan. Tanpa makanan, makhluk hidup akan sulit dalam mengerjakan aktivitas sehari-harinya. Makanan dapat membantu kita dalam mendapatkan energi,membantu pertumbuhan badan dan otak. Memakan makanan yang bergizi akan membantu pertumbuhan kita, baik otak maupun badan. Setiap makanan mempunyai kandungan gizi yang berbeda. Protein, karbohidrat, lemak, dan lain-lain adalah salah satu contoh gizi yang akan kita dapatkan dari makanan.
Setiap jenis gizi yang kita dapatkan mempunyai fungsi yang berbeda. Karbohidrat merupakan sumber tenaga yang kita dapatkan sehari-hari. Salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi. Protein digunakan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan kita, baik otak maupun tubuh kita. Lemakdigunakan oleh tubuh kita sebagai cadangan makanan dan cadangan energi. Lemak akan digunakan saat tubuh kekurangan karbohidrat, dan lemak akan memecah menjadi glukosa yang sangat berguna bagi tubuh kita saat kita membutuhkan energi.
Setiap tubuh manusia berbeda-beda pula struktuk dan fungsi tubuhnya. Orang yang beraktivitas padat dan memiliki postur tubuh lebih, memiliki jumlah konsumsi makanan yang lebih dari pada postur tubuh pada umumnya. Kalori yang masuk biasanya diukur dengan AKG untuk lebih jelasnya jangan ragu-ragu untuk konsultasi ke dokter.
4. Istirahat Cukup

Tidur merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Saat tidur, kita dapat beristirahat dan merasa lebih segar saat bangun. Waktu yang dibutuhkan untuk tidur bagi orang dewasa berkisar 8 jam setiap hari. Namun, pekerjaan yang menyita waktu, menonton televisi dan hal-hal lain membuat hanya sedikit orang yang benar-benar tidur dalam jangka waktu tersebut. Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Kita perlu hal ini, tetapi tak satupun yang tahu pasti apa gunanya tidur secara ilmiah. Tuhan memberikan keterbatasan untuk manusia beraktivitas setiap harinya. Tidur juga merupakan salah satu cara untuk merelaxkan fungsi fisiologis tubuh dalam berkegiatan memulai aktivitas selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda telah memberi komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More