Selasa, 24 Januari 2012

Manfaat luar biasa berjalan ke MASJID!!!!

Nabi saw menekankan shalat berjamaah di masjid. Beliau juga menerangkan bahwa berjalan kaki ke masjid pahalanya besar. Semakin jauh jarak yang ditempuh seseorang yang berjalan menunaikan shalat, semakin besar pula pahala yang akan diraihnya.


    Rasulullah bersabda:"Orang yang paling besar pahalanya dalam shalat ialah yang paling jauh berjalan menujunya.Orang yang menunggu shalat sampai ia menunaikannya bersama imam, lebih besar pahalanya dari orang yang menunaikan shalat kemudian tidur." Dalam riwayat Abu kuraib.,"Sampai ia menunaikannya bersama imam dalam shalat berjamaah."(HR MUSLIM)

Jika seseorang pergi ke masjid dengan berjalan kaki lima kali per hari. Maka, kita dapati bahwa setiap hari seorang muslim berjalan menempuh jarak tertentu yang berbeda-beda antara satu orang muslim dengan lainnya sesuai jarak rumahnya dengan masjid.

Taruhlah waktu yang dibutuhkan seorang muslim untuk pulang pergi ke masjid setiap harinya minimal 5 menit, berarti setiap hari ia sudah berjalan minimal 25 menit. Dan menurut hasil penelitian ilmiah menganjurkan untuk berjalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari. Hasil penelitian ini juga menerangkan berbagai manfaat yang akan dirasakan seseorang dengan berjalan.

Berjalan 30 Menit Setiap Hari Menurunkan Tekanan Darah
Menurut para peneliti dari universitas lllinois, Amerika Srikat, bahwa berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat  membantu menurunkan tekanan darah  pada pembuluh arteri sampai batas yang normal.
Para dokter juga menganjurkan mereka yang terkena penyakit tekanan darah untuk berjalan kaki dan banyak gerak dalam kegiatan sehari-hari, seperti lebih memilih menggunakan tangga daripada lift, memarkir mobil di tempat agak jauh dari tempat kerja/rumah, serta mengurangi garam.

Berjalan Kaki Dapat Memperbaiki Kerja Jantung
Berjalan kai bermanfaat memperbaiki kinerja jantung, menjaga kesehatannya, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, memperbaiki sistem metabolisme, dan mengoptimalkan penyerapan makanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang gemuk dan kurang gerak metabolismenya lambat. Dan orang yang banyak gerak dan olahraga metabolisme. Dan orang yang banyak gerak dan olahraga  metabolismenya cepat, tulang-tulangnya kuat, kesehatan persendiannya terjaga, otot-ototnya kuat, dan ketegangan psikologisnya menjadi ringan. Sebab secara umum, olahraga dapat membantu proses ekskresi hormon Endorfin yang membuat seorang merasakan rileks dan gembira.

     Olahraga berjalan kaki juga dapat meringankan ketegangan psikologis seperti kecemasan dan kegalauan yang muncul akibat beban hidup sehari-hari yang tak kenal henti. Maka dari itu, dengan berjalan kaki akan menjadikan seseorang memahami dirinya sendiri dengan positif; ia akan merasa bahagia, gembira, dan selalu optimis terhadap dirinya.

     Berjalan kaki juga bermanfaat untuk menghilangkan stres, cemas, kepenatan sehari-hari, dan menenangkan kondisi psikologis saraf.Berjalan kaki juga membantu untuk mengatasi berat badan berlebih, tentunya semua tergantung pada jarak, kecepatan, waktu tempuh, dan energi yang dikeluarkan. orang yang berjalan kaki sejauh 4km/jam telah membakar 200-250 kalori per jam. Atau sekitar 22-28 gr dari berat tubuh.

Satu makalah yang disebarluaskan dalam majalah (B.M.T) yang cukup terkenal, menguatkan hasil penelitian diatas bahwa untuk mencegah dari penyakit Kardiovaskular dan Infark Miokard bisa dilakukan dengan menekuni satu bentuk olahraga, seperti: jalan cepat, lari, atau renag selama 20-30 menit; minimal 2-3 kali sepekan.

Ketahuilah bahwa Rasulullah tidak menganjurkan kita berjalan kaki ke masjid 2-3 kali dalam sepekan saja, tapi 5 kali dalam satu hari. Kebanyakan jarak masid biasa ditempuh selama sepuluh menit atau lebih. Ibnul Qayyim ra berkata,"Rasulullah apabila berjalan ke masjid, dada beliau condong ke depan dan beliau orang yang paling cepat jalannya.
Tahukah Anda
                  Fakta berjalan kaki:
- Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah

- Berjalan kaki dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh

- Berjalan kaki dapat menghilangkan ketegangan psikologis (stres,cemas, dsb)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda telah memberi komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More