Rabu, 25 Januari 2012

Khasiat Kaktus

Utsman bin Affan ra meriwayakan dari Rasulullah SAW tentang laki-laki yang mengeluhkan kedua matanya saat sedang ihram. Beliau bersabda, ''Balutlah dengan tanaman jenis kaktus.''

   Ummu Salamah meriwayatkan, ''Rasulullah datang kepadaku ketika Abu Salamah meninggal dunia. Aku meletakkan tanaman jenis kaktus pada kedua mataku. Lalu beliau bersabda, 'Apa ini wahai Ummu Salamah?' Aku jawab, 'Wahai Rasulullah, itu adalah tanaman jenis kaktus yang tidak wangi.' Beliau bersabda, ''Sungguh, ia bisa meremajakan wajah. Pakailah di malam hari saja dan lepaskanlah di siang hari.''

Ash-shabiru(dengan huruf ba' berharakat kasrah dan bisa juga berharakat sukun) adalah tumbuhan padang pasir yang selalu hijau daunnya. Ia memiliki batang yang tegak dan daun-daun yg melingkar. Adapun ketinggiannya bisa mencapai 50 cm dan banyak ditemukan di daerah tropis.

   Penelitian modernmenetapkan bahwa tanaman kaktus memiliki banyak manfaat secara medis yang sebagian telah disebutkan dalam hadits-hadits nabi , dan sebagian yang lain tidak disinyalir di dalamnya. Manfaat-manfaat tersebut adalah:

- Kaktus mengandung bahan alintrakinolon dan menghasilkan bahan alintralin yang digunakan untuk    mengobati penyakit kulit yang mematikan.

- Kaktus mengandung bahan prostagalandin. Jika prostaglandin termasuk bahan modern untuk mengobati penyakit radang maka kaktus berguna untuk mengobati radang secara umum.
- Kaktus mengandung bahan Laktat Magnesium yang mencegah pembentukan Histamin yang menyebabkan gatal-gatal dan gejala-gejala alergi. Karena itu, kaktus juga berguna untuk mengobati serangan serangga

- Kaktus mengandung glycosides yang bisa membasahi dan menghaluskan kulit.Selanjutnya, ia dapat memelihara kesegaran wajah.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda telah memberi komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More