Selasa, 24 Januari 2012

Susu ; Minuman Kaya Berkah

Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan selainnya,
" Jika salah seorang dari kalian ingin memakan makanan hendaklah ia mengucapkan:
الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar"

Artinya :
Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka

Dan apabila diberi susu, hendaklah mengucapkan:
" Allahumma baarik lanaa minhu wa zidnaa minhu fainnahu laysa syaiun yujzi u mina thoaam wa syyaraabi illa llabani"

Artinya:
"Ya Allah, berilah kami berkah pada makanan itu dan tambahkan untuk kami darinya, sebab tidak ada yang bisa menggantikan makanan dan minuman selain dari susu."

Ibnul Qayyim meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah saw menyukai susu.

Ilmu modern membuktikan seperti yang terbukti dalam penelitian Dr Hisyam Al-Khatib bahwa susu merupakan salah satu makanan yang mengandung seluruh unsur utama yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Susu mengandung gula, minyak, garam mineral, zat besi, sodium, serta vitamin A, B, dan C. Waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi susu adalah pagi hari. Susu boleh dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang berprotein tinggi, seperti kacang-kacangan, daging, ikan, dan ayam, sebagaimana memungkinkan ia dikonsumsi berbarengan telur.

Bagi anak-anak, memiliki banyak manfaat, di antaranya: dapat menguatkan tulang, meninggikan badan, memperbarui sel-sel yang rusak, dan mencegah penyakit rakitis (kelumpuhan). Susu juga dapat menguatkan gigi mereka karena kandungan zat kapur dan fosfornya yang banyak serta mudah diserap tubuh.Dan juga bermanfaat untuk jantung dan paru-paru.

Selain itu, susu menjadi nutrisi sekaligus obat bagi orang yang mengidap penyakit liver. Sebab, susu mengandung zat laktosa yang bisa mencegah terserapnya sebagian zat pada usus. Perlu diketahui bahwa berbagai zat protein susu tidak ditemukan pada selainnya. Seseorang yang tidak mengonsumsi zat protein selama sepuluh hari dapat menyebabkan terganggunya protein darah. Juga bermanfaat bagi sistem syaraf dan membantu membentuk tubuh menjadi ideal.

Susu Sapi

Adakalanya, susu sapi bisa menggantikan susu ibu pada kondisi darurat. Ini tentunya dengan catatan bahwa susu hewan mana pun tidak dapat menandingi  susu ibu sebagai nutrisi terlengkap untuk anak yang menyusu. Jadi, Saya tekankan bahwa hal itu boleh dilakukan ketika sulit mendapatkan ASI, tentunya dengan menambah sari jeruk sebagai pelengkap.
Rasulullah bersabda: '' Sesungguhnya Allah swt tidak mencptakan suatu penyakit, kecuali dengan obat baginya. Maka hendaklah kalian berobat dengan susu sapi karena sapi memakan seluruh pohon(tumbuhan).''

Ilmu modern telah membuktikan bahwa susu sapi dapat memberikan nutrisi dan menyuburkan badan. Ia merupakan susu yang paling banyak manfaatnya bagi manusia.

Susu Unta

Rasulullah bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah bersabda: "Sesungguhnya, dalam air kencing unta dan susu unta itu terdapat obat penyembuh bagi penyakit pada perut mereka."

AdzDzarab adalah penyakit yang menyerang perut sehingga perut tidak bisa mencerna makanan. Sehingga, makanan tersebut menjadi rusak dalam perut. Susu unta kaya akan lemak dan sangat bermanfaat bagi orang yang mengonsumsinya. Selain itu, susu unta merupakan penawar 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda telah memberi komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More