Rabu, 25 Januari 2012

Buah Lebih Utama daripada Daging

Dalam surat,Al-Waqiah , Allah mendahulukan buah-buahan daripada daging:




وَفَاكِهَةٍ مِّمَّا يَتَخَيَّرُونَ
dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, (QS, 56:20)
وَلَحْمِ طَيْرٍ مِّمَّا يَشْتَهُونَ
dan daging burung dari apa yang mereka inginkan. (QS, 56:21)

Rasulullah juga bersabda:''Bila seseorang diantara kalian berbuka puasa hendaklah ia makan kurma,karena kurmaitu berkah''.

Mengonsumsi buah-buahan sebelum makanan pokokadalah sangat baik.Sebab ,buah-buahan mengandung kadar zat gula yang rendah,mudah dicerna, dan diserap tubuh.Lambung bisa menyerap kadar gula buah hanya dalam waktu beberapa detik.Tubuh terasa segar, rasa lapar akan  hilang, dan kadar gula dalam porsi yang cukup.

Sebagai perbandingan orang yang langsung memenuhi perutnya dengan makanan, lambungnya butuh waktu sekitar 3 jam untuk menyerap kadar gula yang terdapat dalam makanan.Sehingga, ia akan masih merasa lapar dalam waktu yang cukup lama.

Kadar gula yang sederhana, selain mudah dicerna dan diserap, juga menjadi sumber kekuatan bagi bermacam sel-sel tubuh.Dari sel-sel inilah kadar gula yang sederhana bisa cepat bermanfaat bagi sel-sel dinding lambung.
Sekira ia akan bergerak cepat ketika kadar gula yang ada pada buah-buahan sampai padanya dan bersiap-siap melaksanakan fungsinya secara sempurna dalam meresap aneka macam makanan yang dimakan seseorang setelah buah-buahan.

Boleh jadi, inilah hikmah didahulukannya buah-buahan atas daging di dalam Al-Qur'an dan hadits Nabi.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda telah memberi komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More